Ukuran IG Feed instagram ialah media sosial buat berbagi gambar serta video yang populer di bermacam golongan serta umur. Dikutip dari laporan WeAreSocial pada tahun 2022, pengguna Instagram di Indonesia menggapai 99, 15 juta. Banyak banget, kan? Sebab ini pula Instagram enggak cuma digunakan selaku media sosial biasa, tetapi pula digunakan banyak brand ataupun industri buat mempromosikan bisnis, apalagi berjualan.

Tipe konten yang dapat diunggah di Instagram bukan cuma gambar, melainkan pula video ataupun yang kerap diucap Reels. Baik gambar ataupun video yang kalian unggah mempunyai ukuran berbeda yang wajib diiringi, lho.

“ Emang mengapa, sih wajib gunakan ukuran Instagram yang pas?”

Dengan memakai ukuran feed Instagram di canva yang pas, kalian dapat membuat tampilan feed jadi lebih apik serta menarik. Tidak hanya itu, dengan ukuran yang pas, audiens dapat memandang konten( gambar ataupun video) dengan mutu yang lebih jelas serta tidak terpotong.

Nyatanya, memakai ukuran yang pas itu berarti ya.

Supaya lebih mengerti, ayo, ikuti uraian ukuran feed Instagram buat tiap tipe post!

Memahami rasio serta resolusi

Saat sebelum masuk ke ukuran masing- masing tipe post, kalian butuh mengenali aspect ratio serta resolusi terlebih dulu.

Aspect ratio merupakan rasio lebar serta besar foto, umumnya dinyatakan dengan x: y. Angka di depan merupakan lebar serta angka di balik merupakan besar. Misalnya, rasio 1: 1 berarti ukuran lebar serta tingginya merupakan sama.

Resolusi merupakan jumlah piksel yang menyusun lebar serta besar suatu foto. Resolusi mempengaruhi mutu gambar ataupun video yang dilihat oleh audiens. Terus menjadi besar resolusi, terus menjadi baik pula kualitasnya. Sebagian contoh resolusi yang kerap digunakan: 1080 x 1080, 600 x 600, 820 x 200, serta yang lain cocok kebutuhan serta tipe kontennya.

Baca Juga:  Tips Pemasaran Sosial Media Marketing Hasil Optimal

Ukuran Feed Instagram Untuk Tiap Tipe Konten

Sehabis mengenali rasio serta resolusi, berikut merupakan panduan ukuran feed Instagram buat tiap tipe unggahan. Ikuti, ya!

1. Square post

Square post ialah tipe konten yang sangat kerap diunggah ataupun kerap kalian amati di Instagram. Konten ini, wujudnya persegi dengan rasio 1: 1 yang berarti lebar serta tingginya sama. Kalian dapat memakai resolusi 1080 x 1080 pixels buat memperoleh mutu konten yang baik serta jelas.

2. Horizontal/ landscape post

Horizontal ataupun landscape post ialah tipe konten yang melebar ke samping berupa persegi panjang. Ukuran landscape agak tidak sering digunakan oleh brand, tetapi ukuran ini kerap digunakan buat mengunggah gambar selfie ataupun panorama alam.

Rasio yang digunakan merupakan 16: 9 serta memakai resolusi 1080 x 608 pixels buat mutu konten yang baik serta jelas. Berikut merupakan ukuran feed Instagram buat horizontal ataupun landscape post

3. Vertical post

Berbeda dengan horizontal ataupun landscape post, konten yang diunggah dalam ukuran vertikal hendak memanjang ke atas dengan rasio 4: 5. Jadi, kontennya lebih besar dibanding melebar. Jika kalian memakai rasio 4: 6 ataupun 4: 7, konten tersebut hendak otomatis dipotong oleh Instagram.

Buat memperoleh konten yang bermutu baik, kalian dapat memakai resolusi 1080 x 1350. Ukuran ini umumnya digunakan buat mengunggah gambar orang, semacam OOTD ataupun panorama alam.

4. Instagram Stories

Tidak hanya mengunggah konten di feed, kalian pula dapat mengunggah konten Instagram Stories. Di Instagram Story, kalian dapat meningkatkan gif, stiker, bacaan, ataupun link yang dapat ditap oleh followers serta menuju ke taman tertentu. Konten ini hendak otomatis terhapus dalam waktu 24 jam, tetapi kalian masih dapat melihatnya di stories archive.

Baca Juga:  Salah Satu Situs Media Sosial Pertama Adalah

Kalian dapat membuat konten Instagram Story dengan rasio 9: 16 serta resolusi 1080 x 1920 pixels. Kalian pula dapat senantiasa menunjukkan stories kalian di highlight supaya kala terdapat yang mendatangi profil kalian, mereka dapat memandang kembali stories tersebut.

5. Instagram Reels

Instagram Reels merupakan fitur yang membolehkan pengguna membuat konten video pendek. Kalian dapat meningkatkan filter serta musik di dalamnya. Instagram Reels dapat timbul di feed serta pula tab Reels. Jadi, buat cover- nya pula butuh kalian perhatikan supaya feed senantiasa nampak apik serta menarik.

Buat membuat Reels, kalian dapat memakai aspect ratio 9: 16 serta resolusi 1080 x 1920 pixels supaya kualitasnya bagus serta tidak terpotong. Instagram Reels terbuat supaya pengguna dapat memandang video pendek di HP, full screen, serta mobile. Kalian dapat mengambil video memakai HP supaya ukurannya cocok serta tidak berubah- ubah.

6. Carousel post

Carousel membolehkan kalian buat mengunggah lebih dari satu gambar ke Instagram dalam satu unggahan. Kalian dapat meningkatkan hingga 10 gambar. Ukuran carousel post membiasakan gambar awal yang kalian seleksi. Bila gambar awal horizontal/ landscape, gambar berikutnya pula hendak menjajaki ukuran landscape. Begitu pula dengan ukuran yang lain.

7. Konten video

Instagram memanglah sediakan fitur Reels, tetapi kalian pula dapat mengunggah video dengan ukuran lain, semacam landscape, square, ataupun vertical. Berikut merupakan aspect ratio serta resolusinya:

Video Horizontal/ landscape: rasio 16: 9 serta resolusi 1080 x 608 pixels;

Video Square: rasio 1: 1 dengan resolusi 1080 x 1080 pixels; dan

Video Vertical: rasio 4: 5 serta resolusi 1080 x 1350 pixels.

Buat catatan ataupun cheat sheet, berikut merupakan rangkuman ukuran feed Instagram mulai dari gambar, video, stories, hingga live video.

Baca Juga:  Apa Itu Awareness? Pelajari Lebih Lanjut

Memandang banyaknya pengguna Instagram, ini ialah media yang pas untuk kalian memberikan konten pemasaran ataupun promosi terpaut brand ataupun produk yang kalian tawarkan. Tidak hanya ukuran, jangan kurang ingat mencermati mutu konten pula ya.

Kalian dapat belajar lebih banyak lagi tentang konten pemasaran serta Instagram dengan menjajaki kelas- kelas terbaik dari Skill Academy. Video belajarnya terbuat menarik serta gampang dimengerti. Kalian pula hendak belajar bersama instruktur yang kompeten serta berpengalaman di bidangnya.

Open chat
Halo, Bagaimana saya dapat membantu anda hari ini?