Estimated reading time: 8 minutes
Dunia terus mengalami pergeseran dan kemajuan ke tingkatan baru di segala bidang, termasuk teknologi. Ada lebih banyak pengalaman dan bahaya yang dapat ditemukan di dunia digital yang berkembang pesat, khususnya di era Covid-19. Bagi banyak anak muda, dunia digital memberikan peluang untuk mencari pekerjaan. Pengembangan teknologi blockchain dan pemasaran digital termasuk di antara posisinya. Di era teknologi digital, taktik pemasaran selalu berubah mengikuti perkembangan terkini dan pergeseran preferensi konsumen. Pengenalan teknologi blockchain adalah salah satu kemajuan paling revolusioner dalam beberapa tahun terakhir. Struktur Blockchain yang terdesentralisasi dan transparan, yang awalnya mendukung mata uang kripto seperti Bitcoin, kini siap untuk mengubah sejumlah industri, termasuk pemasaran. Artikel ini menggali potensi transformatif blockchain dalam pemasaran, mengeksplorasi manfaat, penerapan, dan prospek masa depan, didukung oleh statistik yang relevan.
Memahami blockchain: Sebuah teknologi canggih yang terorganisir seperti sistem database mutakhir yang memungkinkan pengguna untuk bertukar dan melihat data yang aman dan transparan di seluruh jaringan bisnis online. Untuk memastikan uang sampai ke tujuan yang tepat, konsumen biasanya menggunakan blockchain untuk melacak pembayaran digital. Selain itu, metode blockchain mencegah penipuan dan informasi ilegal untuk menjamin bahwa tidak ada pihak yang memperoleh keuntungan yang tidak adil selama transaksi. Singkatnya, aspek desentralisasi dari teknologi blockchain berarti bahwa tidak ada satu pihak pun yang memiliki kendali penuh atas jaringan, sehingga meningkatkan keamanan dan kepercayaan.
Karena kemampuan blockchain untuk menemukan catatan, ini juga dapat digunakan untuk verifikasi iklan, memastikan bahwa orang-orang sebenarnya dan bukan hanya bot yang melihat iklan secara online. Oleh karena itu, iklan akan dapat dengan mudah menjangkau khalayak yang dituju dengan minat yang sama jika pemasar membuat penilaian strategis yang tepat. menurunkan kuantitas penipuan dan kerugian finansial perusahaan. Dengan menggunakan blockchain, memfasilitasi pengembangan kepercayaan klien terhadap perusahaan. mendukung pertumbuhan perusahaan dan perekonomian dengan menarik lebih banyak klien ke lingkungan digital yang dapat diakses publik. 81% konsumen menyatakan dalam survei Edelman bahwa keputusan mereka membeli dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan merek mereka.
Kekhawatiran tentang privasi dan pelanggaran data adalah hal biasa di bidang pemasaran digital. Karena teknologi blockchain bersifat kriptografis, teknologi ini memberikan peningkatan keamanan. Karena setiap transaksi dan bagian data yang disimpan di blockchain dienkripsi dan terhubung dengan transaksi sebelumnya, sangat sulit bagi pihak luar untuk mengakses atau mengubah data tersebut. Pelanggan merasa lebih aman mengetahui bahwa informasi pribadi mereka terlindungi berkat peningkatan keamanan ini, yang memperkuat ikatan antara bisnis dan target pasar mereka.
Laporan IBM “Cost of a Data Breach” pada tahun 2019 menemukan bahwa rata-rata biaya pelanggaran data adalah USD3,92 juta, yang menekankan pentingnya langkah-langkah keamanan data yang kuat. Dengan Amerika Serikat memimpin dengan rata-rata biaya tertinggi sebesar USD8,19 juta. Kerugian rata-rata global akibat pelanggaran data pada tahun 2023 adalah USD 4,45 juta, meningkat 15% selama 3 tahun.
Pendekatan periklanan digital yang ada sering kali memiliki transparansi dan inefisiensi yang buruk. Pengiklan terkadang kesulitan menargetkan demografi yang tepat, sementara konsumen sering melihat iklan yang mengganggu atau tidak relevan. Prosedur ini dapat disederhanakan dengan teknologi blockchain, yang menawarkan cara yang lebih tepat dan transparan untuk menargetkan iklan. Pengiklan dapat mengakses data pengguna terverifikasi di blockchain tanpa membahayakan privasi, sehingga menjamin bahwa orang yang melihat iklan mereka benar-benar tertarik. Laba atas investasi (ROI) yang lebih baik dan peningkatan tingkat konversi adalah hasil dari inisiatif pemasaran ini. Pengiklan dapat mengalami kerugian sebesar USD 68 miliar akibat penipuan iklan pada tahun 2022, menurut analisis Juniper Research, yang menggarisbawahi perlunya solusi periklanan yang lebih efektif dan aman. Selain itu, studi ini mencantumkan 5 negara terkemuka teratas, yaitu Amerika Serikat, Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan Inggris.
Sejak pertumbuhan internet yang pesat satu dekade lalu, pasar global untuk teknologi blockchain telah berkembang pesat. Industri blockchain, yang diperkirakan oleh MarketsandMarkets bernilai USD 4,9 miliar pada tahun 2021, diperkirakan akan meningkat pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 68,4% hingga mencapai USD 67,4 miliar pada tahun 2026. Grand View Research telah merilis laporan memperkirakan pasar menjadi sebesar USD 3,67 miliar pada tahun 2020, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 87,7% yang diprediksi antara tahun 2023 dan 2030. Angka-angka ini menyoroti betapa cepatnya teknologi blockchain berkembang.
Akibatnya, semakin banyak bisnis yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk mengubah manajemen rantai pasokan mereka, sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan teknologi. Meningkatnya minat terhadap mata uang kripto dan aset digital juga menjadi elemen utama dalam peningkatan ini.
Karena blockchain adalah basis dari sebagian besar mata uang kripto, masuk akal jika meningkatnya popularitas mata uang virtual seperti Bitcoin dan Ethereum telah membawa banyak perhatian pada teknologi ini. Yang lebih mendorong ekspansi pasar adalah banyaknya perusahaan yang saat ini mencari cara bagaimana blockchain dapat digunakan untuk membuat dan mengelola aset digital, seperti Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC). Selain itu, penerapan blockchain didorong oleh meningkatnya kebutuhan akan pembayaran dan pengiriman uang lintas batas yang aman dan efektif.
Meskipun pemasaran influencer adalah alat yang efektif untuk merek, ada kelemahannya. Keberhasilan inisiatif influencer mungkin terganggu oleh masalah seperti pengikut palsu dan keterlibatan. Dengan mengonfirmasi legitimasi pengikut dan interaksi influencer, blockchain dapat meningkatkan transparansi dalam pemasaran influencer. Kontrak pintar berbasis Blockchain juga dapat mengotomatiskan pembayaran berdasarkan ukuran kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya, menjamin influencer menerima kompensasi yang adil dan merek mencapai tujuan mereka. Pasar pemasaran influencer diperkirakan bernilai USD15 miliar pada tahun 2022, menurut analisis Business Insider Intelligence, yang menggarisbawahi perlunya solusi yang lebih terbuka dan praktis.
Karena platform perantara mempunyai porsi pendapatan yang cukup besar, pembuat konten sering kali kesulitan untuk memonetisasi karya mereka. Teknologi Blockchain dapat memfasilitasi transaksi langsung, melalui aset yang diberi token atau mata uang kripto, antara pembuat konten dan konsumen. Hasilnya, kebutuhan akan perantara berkurang, sehingga para pembuat konten dapat memperoleh lebih banyak keuntungan dan mempromosikan ekosistem materi digital yang lebih kuat. Laporan PwC memproyeksikan bahwa industri media dan hiburan global akan tumbuh senilai USD 2,4 triliun pada tahun 2022, yang menunjukkan potensi besar untuk monetisasi konten melalui teknologi blockchain. Faktanya, pendapatannya meningkat menjadi USD 2,42 triliun pada tahun 2022. Oleh karena itu, tingkat pertumbuhan sebesar 10,6% dari tahun 2021 sudah cukup terlihat. PwC masih memproyeksikan tingkat pertumbuhan untuk lima tahun ke depan. PwC terus memperkirakan tingkat pertumbuhan untuk 5 tahun ke depan, memperkirakan tingkat pertumbuhan akan turun hanya 2,8% pada tahun 2026.
Masa depan blockchain dalam pemasaran cukup menjanjikan, dengan potensi penerapan yang semakin luas seiring dengan semakin matangnya teknologi. Ketika skalabilitas meningkat dan kerangka peraturan menjadi lebih jelas, blockchain dapat menjadi alat utama bagi pemasar.
DAO adalah entitas di blockchain yang dikelola menggunakan kontrak cerdas, yang merupakan perjanjian yang dijalankan sendiri dan ketentuannya dikodekan ke dalam kode. Pengambilan keputusan di DAO ditangani secara independen melalui mekanisme pemungutan suara berdasarkan token. Token yang mewakili hak suara dipegang oleh pemangku kepentingan, sehingga memberi mereka kemampuan demokratis untuk menyarankan, menyetujui, dan melaksanakan perubahan.
Blockchain memberikan solusi terhadap kekhawatiran yang semakin meningkat mengenai privasi data dengan memberikan pengguna kendali lebih besar atas data pribadi mereka. Teknologi Blockchain dapat digunakan dalam kampanye pemasaran di masa depan untuk membangun ekosistem data yang terbuka dan berpusat pada pengguna di mana pelanggan siap untuk bertukar data mereka untuk pengalaman pemasaran yang disesuaikan dan relevan. 84% konsumen peduli dengan privasi data dan menginginkan kontrol lebih besar atas data mereka, menurut survei Cisco.
Tindakan tokenisasi aset pada blockchain untuk mengubahnya menjadi token digital berpotensi membangun ekosistem pemasaran baru. Perusahaan mungkin membuat token mereka sendiri untuk mendorong partisipasi kampanye, menghargai keterlibatan klien, dan memperkuat loyalitas merek. Kemampuan untuk memperdagangkan, membelanjakan, dan menukar token ini dengan insentif lain menjadikan lingkungan pemasaran dinamis dan menarik. Pasar untuk tokenisasi diperkirakan akan meningkat menjadi $4,8 miliar pada tahun 2025, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Market Research Future, yang menunjukkan bahwa ekosistem pemasaran yang diberi token memiliki potensi yang semakin meningkat.
Apa itu Insight Instagram? Insight Instagram adalah fitur analitik yang disediakan oleh Instagram untuk akun…
Di era digital, istilah E-Commerce dan Marketplace kerap terdengar, terutama bagi pelaku usaha yang ingin…
Di era digital saat ini, semakin banyak bisnis yang beralih ke platform online untuk mencapai…
Di era digital saat ini, semakin banyak bisnis yang beralih ke platform online untuk mencapai…
Di dunia digital yang serba cepat saat ini penyedia jasa google ads, memiliki website yang…
Branding produk adalah elemen krusial dalam dunia bisnis modern. Dengan persaingan pasar yang semakin ketat,…
This website uses cookies.