Categories: Lainnya

Dampak Revolusioner dari Pemasaran Blockchain

Estimated reading time: 8 minutes

Perkenalan:

Dunia terus mengalami pergeseran dan kemajuan ke tingkatan baru di segala bidang, termasuk teknologi. Ada lebih banyak pengalaman dan bahaya yang dapat ditemukan di dunia digital yang berkembang pesat, khususnya di era Covid-19. Bagi banyak anak muda, dunia digital memberikan peluang untuk mencari pekerjaan. Pengembangan teknologi blockchain dan pemasaran digital termasuk di antara posisinya. Di era teknologi digital, taktik pemasaran selalu berubah mengikuti perkembangan terkini dan pergeseran preferensi konsumen. Pengenalan teknologi blockchain adalah salah satu kemajuan paling revolusioner dalam beberapa tahun terakhir. Struktur Blockchain yang terdesentralisasi dan transparan, yang awalnya mendukung mata uang kripto seperti Bitcoin, kini siap untuk mengubah sejumlah industri, termasuk pemasaran. Artikel ini menggali potensi transformatif blockchain dalam pemasaran, mengeksplorasi manfaat, penerapan, dan prospek masa depan, didukung oleh statistik yang relevan.

Memahami blockchain: Sebuah teknologi canggih yang terorganisir seperti sistem database mutakhir yang memungkinkan pengguna untuk bertukar dan melihat data yang aman dan transparan di seluruh jaringan bisnis online. Untuk memastikan uang sampai ke tujuan yang tepat, konsumen biasanya menggunakan blockchain untuk melacak pembayaran digital. Selain itu, metode blockchain mencegah penipuan dan informasi ilegal untuk menjamin bahwa tidak ada pihak yang memperoleh keuntungan yang tidak adil selama transaksi. Singkatnya, aspek desentralisasi dari teknologi blockchain berarti bahwa tidak ada satu pihak pun yang memiliki kendali penuh atas jaringan, sehingga meningkatkan keamanan dan kepercayaan. 

Bagaimana cara membantu pemasaran digital?

Transparansi dan kepercayaan

Karena kemampuan blockchain untuk menemukan catatan, ini juga dapat digunakan untuk verifikasi iklan, memastikan bahwa orang-orang sebenarnya dan bukan hanya bot yang melihat iklan secara online. Oleh karena itu, iklan akan dapat dengan mudah menjangkau khalayak yang dituju dengan minat yang sama jika pemasar membuat penilaian strategis yang tepat. menurunkan kuantitas penipuan dan kerugian finansial perusahaan. Dengan menggunakan blockchain, memfasilitasi pengembangan kepercayaan klien terhadap perusahaan. mendukung pertumbuhan perusahaan dan perekonomian dengan menarik lebih banyak klien ke lingkungan digital yang dapat diakses publik. 81% konsumen menyatakan dalam survei Edelman bahwa keputusan mereka membeli dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan merek mereka. 

Keamanan Data yang Ditingkatkan

Kekhawatiran tentang privasi dan pelanggaran data adalah hal biasa di bidang pemasaran digital. Karena teknologi blockchain bersifat kriptografis, teknologi ini memberikan peningkatan keamanan. Karena setiap transaksi dan bagian data yang disimpan di blockchain dienkripsi dan terhubung dengan transaksi sebelumnya, sangat sulit bagi pihak luar untuk mengakses atau mengubah data tersebut. Pelanggan merasa lebih aman mengetahui bahwa informasi pribadi mereka terlindungi berkat peningkatan keamanan ini, yang memperkuat ikatan antara bisnis dan target pasar mereka. 

Laporan IBM “Cost of a Data Breach” pada tahun 2019 menemukan bahwa rata-rata biaya pelanggaran data adalah USD3,92 juta, yang menekankan pentingnya langkah-langkah keamanan data yang kuat. Dengan Amerika Serikat memimpin dengan rata-rata biaya tertinggi sebesar USD8,19 juta. Kerugian rata-rata global akibat pelanggaran data pada tahun 2023 adalah USD 4,45 juta, meningkat 15% selama 3 tahun.

Peningkatan Penargetan dan Efisiensi Iklan

Pendekatan periklanan digital yang ada sering kali memiliki transparansi dan inefisiensi yang buruk. Pengiklan terkadang kesulitan menargetkan demografi yang tepat, sementara konsumen sering melihat iklan yang mengganggu atau tidak relevan. Prosedur ini dapat disederhanakan dengan teknologi blockchain, yang menawarkan cara yang lebih tepat dan transparan untuk menargetkan iklan. Pengiklan dapat mengakses data pengguna terverifikasi di blockchain tanpa membahayakan privasi, sehingga menjamin bahwa orang yang melihat iklan mereka benar-benar tertarik. Laba atas investasi (ROI) yang lebih baik dan peningkatan tingkat konversi adalah hasil dari inisiatif pemasaran ini. Pengiklan dapat mengalami kerugian sebesar USD 68 miliar akibat penipuan iklan pada tahun 2022, menurut analisis Juniper Research, yang menggarisbawahi perlunya solusi periklanan yang lebih efektif dan aman. Selain itu, studi ini mencantumkan 5 negara terkemuka teratas, yaitu Amerika Serikat, Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan Inggris.

Ukuran & Tren Pasar

Sejak pertumbuhan internet yang pesat satu dekade lalu, pasar global untuk teknologi blockchain telah berkembang pesat. Industri blockchain, yang diperkirakan oleh MarketsandMarkets bernilai USD 4,9 miliar pada tahun 2021, diperkirakan akan meningkat pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 68,4% hingga mencapai USD 67,4 miliar pada tahun 2026. Grand View Research telah merilis laporan memperkirakan pasar menjadi sebesar USD 3,67 miliar pada tahun 2020, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 87,7% yang diprediksi antara tahun 2023 dan 2030. Angka-angka ini menyoroti betapa cepatnya teknologi blockchain berkembang.

Akibatnya, semakin banyak bisnis yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk mengubah manajemen rantai pasokan mereka, sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan teknologi. Meningkatnya minat terhadap mata uang kripto dan aset digital juga menjadi elemen utama dalam peningkatan ini.

Karena blockchain adalah basis dari sebagian besar mata uang kripto, masuk akal jika meningkatnya popularitas mata uang virtual seperti Bitcoin dan Ethereum telah membawa banyak perhatian pada teknologi ini. Yang lebih mendorong ekspansi pasar adalah banyaknya perusahaan yang saat ini mencari cara bagaimana blockchain dapat digunakan untuk membuat dan mengelola aset digital, seperti Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC). Selain itu, penerapan blockchain didorong oleh meningkatnya kebutuhan akan pembayaran dan pengiriman uang lintas batas yang aman dan efektif. 

Pemasaran Influencer

Meskipun pemasaran influencer adalah alat yang efektif untuk merek, ada kelemahannya. Keberhasilan inisiatif influencer mungkin terganggu oleh masalah seperti pengikut palsu dan keterlibatan. Dengan mengonfirmasi legitimasi pengikut dan interaksi influencer, blockchain dapat meningkatkan transparansi dalam pemasaran influencer. Kontrak pintar berbasis Blockchain juga dapat mengotomatiskan pembayaran berdasarkan ukuran kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya, menjamin influencer menerima kompensasi yang adil dan merek mencapai tujuan mereka. Pasar pemasaran influencer diperkirakan bernilai USD15 miliar pada tahun 2022, menurut analisis Business Insider Intelligence, yang menggarisbawahi perlunya solusi yang lebih terbuka dan praktis.

Monetisasi Konten

Karena platform perantara mempunyai porsi pendapatan yang cukup besar, pembuat konten sering kali kesulitan untuk memonetisasi karya mereka. Teknologi Blockchain dapat memfasilitasi transaksi langsung, melalui aset yang diberi token atau mata uang kripto, antara pembuat konten dan konsumen. Hasilnya, kebutuhan akan perantara berkurang, sehingga para pembuat konten dapat memperoleh lebih banyak keuntungan dan mempromosikan ekosistem materi digital yang lebih kuat. Laporan PwC memproyeksikan bahwa industri media dan hiburan global akan tumbuh senilai USD 2,4 triliun pada tahun 2022, yang menunjukkan potensi besar untuk monetisasi konten melalui teknologi blockchain. Faktanya, pendapatannya meningkat menjadi USD 2,42 triliun pada tahun 2022. Oleh karena itu, tingkat pertumbuhan sebesar 10,6% dari tahun 2021 sudah cukup terlihat. PwC masih memproyeksikan tingkat pertumbuhan untuk lima tahun ke depan. PwC terus memperkirakan tingkat pertumbuhan untuk 5 tahun ke depan, memperkirakan tingkat pertumbuhan akan turun hanya 2,8% pada tahun 2026.

Itu Masa Depan Blockchain dalam Pemasaran

Masa depan blockchain dalam pemasaran cukup menjanjikan, dengan potensi penerapan yang semakin luas seiring dengan semakin matangnya teknologi. Ketika skalabilitas meningkat dan kerangka peraturan menjadi lebih jelas, blockchain dapat menjadi alat utama bagi pemasar.

Organisasi Otonomi Terdesentralisasi (DAO)

Memahami DAO:

DAO adalah entitas di blockchain yang dikelola menggunakan kontrak cerdas, yang merupakan perjanjian yang dijalankan sendiri dan ketentuannya dikodekan ke dalam kode. Pengambilan keputusan di DAO ditangani secara independen melalui mekanisme pemungutan suara berdasarkan token. Token yang mewakili hak suara dipegang oleh pemangku kepentingan, sehingga memberi mereka kemampuan demokratis untuk menyarankan, menyetujui, dan melaksanakan perubahan. 

Dampak terhadap pemasaran:

  1. Pengambilan Keputusan yang Terdesentralisasi: Taktik pemasaran konvensional terkadang memerlukan pengambilan keputusan dari atas ke bawah, yang terkadang lamban dan tidak responsif terhadap permintaan pelanggan. Dengan memungkinkan pemangku kepentingan, termasuk pelanggan, untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, DAO mendemokratisasi proses ini. Akibatnya, pemasar mungkin bisa memperoleh masukan dan preferensi audiens secara langsung, yang dapat menghasilkan taktik pemasaran yang lebih berpusat pada konsumen yang memastikan iklan mencerminkan apa yang diinginkan pelanggan.
  2. Alokasi Sumber Daya yang Efektif: DAO menghilangkan kebutuhan akan perantara dan prosedur manual dengan mengotomatiskan dan menyederhanakan proses melalui kontrak pintar. Ini berarti penggunaan sumber daya yang lebih efektif dalam pemasaran. Kontrak pintar dapat digunakan untuk mengelola dan mengalokasikan anggaran pemasaran, memastikan bahwa uang dibelanjakan sesuai dengan pedoman dan tujuan yang telah ditentukan, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan laba atas investasi.
  3. Program Loyalitas yang Ditingkatkan: Kerangka kerja DAO menawarkan banyak program loyalitas. Skema loyalitas konvensional sering kali memiliki kompleksitas dan partisipasi yang rendah. Merek dapat membangun program loyalitas yang diberi token menggunakan DAO yang memungkinkan pengguna memperoleh dan menggunakan token dengan mudah. Kontrak pintar memiliki kemampuan untuk mengontrol token ini, menjamin bahwa imbalan diberikan secara adil dan transparan serta meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan pengguna.
  4. Kampanye Pemasaran Berbasis Komunitas: DAO memfasilitasi proyek berbasis komunitas, memungkinkan komunitas untuk menyarankan dan menyediakan dana untuk kampanye pemasaran. Dengan bantuan crowdsourcing, ide-ide kreatif dapat muncul dan diimplementasikan tanpa terkekang oleh birokrasi perusahaan. Merek dapat memanfaatkan model ini untuk membina hubungan yang lebih dalam dengan audiensnya, karena konsumen menjadi peserta aktif dalam upaya pemasaran.

Privasi Data Konsumen yang Ditingkatkan

Blockchain memberikan solusi terhadap kekhawatiran yang semakin meningkat mengenai privasi data dengan memberikan pengguna kendali lebih besar atas data pribadi mereka. Teknologi Blockchain dapat digunakan dalam kampanye pemasaran di masa depan untuk membangun ekosistem data yang terbuka dan berpusat pada pengguna di mana pelanggan siap untuk bertukar data mereka untuk pengalaman pemasaran yang disesuaikan dan relevan. 84% konsumen peduli dengan privasi data dan menginginkan kontrol lebih besar atas data mereka, menurut survei Cisco.

Ekosistem Pemasaran Tokenisasi

Tindakan tokenisasi aset pada blockchain untuk mengubahnya menjadi token digital berpotensi membangun ekosistem pemasaran baru. Perusahaan mungkin membuat token mereka sendiri untuk mendorong partisipasi kampanye, menghargai keterlibatan klien, dan memperkuat loyalitas merek. Kemampuan untuk memperdagangkan, membelanjakan, dan menukar token ini dengan insentif lain menjadikan lingkungan pemasaran dinamis dan menarik. Pasar untuk tokenisasi diperkirakan akan meningkat menjadi $4,8 miliar pada tahun 2025, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Market Research Future, yang menunjukkan bahwa ekosistem pemasaran yang diberi token memiliki potensi yang semakin meningkat. 

Andrean Pratama

Seorang Digital Marketing dan SEO Specialist dengan pengalaman yang luas dalam mengoptimalkan kehadiran online bisnis. Berfokus pada strategi pemasaran digital yang efektif, saya memiliki keahlian dalam mengelola kampanye Google Ads, SEO, serta konten writing yang mendukung pertumbuhan organik dan peningkatan konversi. Dengan pendekatan yang analitis dan berbasis data, saya berkomitmen untuk membantu bisnis mencapai target pasar mereka secara lebih efisien dan efektif melalui teknologi dan tren digital terbaru.

Recent Posts

Langkah – Langkah Strategi Marketing Audit

Marketing Audit adalah proses evaluasi yang menyeluruh terhadap strategi, aktivitas, dan hasil pemasaran suatu perusahaan.…

23 hours ago

Perkembangan Google Ads di Tahun 2025

Google Ads terus berkembang pesat hingga tahun 2025, menjadi alat pemasaran digital yang sangat penting…

1 day ago

Strategi Data Driven Marketing

Di era digital yang penuh dengan persaingan, bagaimana bisnis bisa memastikan bahwa kampanye pemasaran mereka…

4 days ago

Berapa Lama Proses SEO Hasilnya Terlihat?

Search engine optimization (SEO) adalah strategi yang membutuhkan waktu untuk mulai menunjukkan hasil yang nyata.…

1 week ago

Cara Jual Properti Cepat Laku Dengan Digital Marketing

Menjual properti, baik itu rumah atau apartemen, bisa menjadi tugas yang menantang, terutama di pasar…

2 weeks ago

A/B Testing dalam Digital Marketing

Di dunia digital marketing yang dinamis, A/B Testing telah menjadi salah satu alat paling efektif…

3 weeks ago

This website uses cookies.