Contoh Social Media Marketing adalah platform digital agar pengguna dapat berbagi konten (ilmu) dan berinteraksi dengan banyak orang secara online. Platform digital sudah banyak digunakan oleh banyak orang di zaman sekarang, bahkan iklan pun mengikuti perkembangan zaman melalui Social Media. Tentu, pada saat menggunakannya akan ada pengguna yang menggunakannya sebagai tempat berbisnis. Berikut adalah Contoh Strategi Social Media Merketing :
Menentukan tujuan dari penggunaan dan apa saja yang ingin dicapai selama penggunaan Social Media. Contohnya seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan permintaan akan produk yang dijual, atau meningkatkan engagement. Maka akan mudah menentukan target yang sesuai dan budget yang ditetapkan.
Analisis Audiens dapat digunakan dalam bentuk buyer persona. Adanya analisis buyer persona dapat memudahkan para penjual dalam menetapkan target dan menggunakan konten yang sesuai dengan rata-rata dari buyer persona. Sehingga, akan ada hasil yang dicapai dalam jangka waktu lebih singkat (efesien).
Zaman sekarang lebih banyak orang menggunakan TikTok, Instagram, dan Youtube sebagai tempat membuat konten atau berbisnis. Jika produk atau jasa yang ditawarkan itu untuk generasi muda maka harus menyesuaikan tempat pemasarannya adalah platform tersebut, tetapi kalau targetnya untuk orang tua maka bisa menggunakan platform facebook. Platform harus sesuai dengan target agar pemasaran pun lebih efektif dan tepat pada sasaran.
Konten adalah hal yang penting dalam pemasaran karena orang-orang akan tertarik dengan apa yang ditawarkan jika mereka menanggap kontennya menarik.
Social Media memerlukan konsistensi dalam menentukan waktu untuk menjaga engagement dengan audiens di Social Media. Terus update dalam berupa post maka audiens akan tahu bahwa bisnis yang dijalankan masih berjalan dan mereka bisa memesan tanpa meragukan bahwa bisnis sudah tidak ada.
Pengunaan Hashtag akan membantu meningkatkan visibilitas konten yang dibuat. Dalam pemilihan Hashtag harus memilih yang relevan dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Hashtag dapat memudahkan audiens dalam mencari produk yang ingin mereka cari dalam social media, jadi hashtag dapat membantu penjual menyebarluaskan konten dari produk atau jasa yang ditawarkan.
Berinteraksi dapat membantu penjual dalam membayangkan buyer persona dan audiens pun akan lebih yakin dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Berinteraksi dalam social media dapat berupa membalas komentar, sesi Q&A, atau live. Sesi tersebut penting agar dapat menambah loyalitas pelanggan.
Bekerja sama dengan influencer dapat menambahkan audiens dan membuat audiens lebih penasaran dengan apa yang ditawarkan. Pemilihan influencer harus yang sesuai dengan target, nilai, dan cara penjualan yang sama dengan penjual agar audiens yang melihat dapat lebih memiliki rasa untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.
Menggunakan alat analisis untuk mengukur strategi yang sudah dijalankan dan mengevaluasikan hasilnya agar tahu strategi apa yang efektif. Dapat dilihat dari engagement rate, reach, klik, dan konversi. Hal tersebut adalah alat ukur audiens yang mengunjungi platform dari penjual.
Penjual dapat mempertimbangkan untuk menggunakan iklan berbayar untuk meluaskan produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan yang berbayar akan muncul pertama pada saat audiens mencarinya sehingga hal tersebut dapat lebih memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan lebih luas. Contoh platform berbayar adalah facebook Ads dan Instagram Ads (meta ads) atau bisa dengan google ads.
Adanya langkah-langkah tersebut dapat mengembangkan strategi Social Media yang lebih efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis yang dijalankan.
Baca juga : Tujuan Dari Direct Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan dan Menjangkau Konsumen
Apa itu Insight Instagram? Insight Instagram adalah fitur analitik yang disediakan oleh Instagram untuk akun…
Di era digital, istilah E-Commerce dan Marketplace kerap terdengar, terutama bagi pelaku usaha yang ingin…
Di era digital saat ini, semakin banyak bisnis yang beralih ke platform online untuk mencapai…
Di era digital saat ini, semakin banyak bisnis yang beralih ke platform online untuk mencapai…
Di dunia digital yang serba cepat saat ini penyedia jasa google ads, memiliki website yang…
Branding produk adalah elemen krusial dalam dunia bisnis modern. Dengan persaingan pasar yang semakin ketat,…
This website uses cookies.